Bisnis di Era 4.0

Resume Kajian – Bisnis di Era 4.0

Disampaikan oleh : Couple Entrepreneur (Sutrisno & Riska Harfiana)

Nge-online Bareng CV. Teens Pro Indonesia (https://www.instagram.com/teensproindonesia/)

Ilustrasi : pixabay.com

Review perkembangan bisnis era 1.0 hingga 4.0 :

Era 1.0 : berlangsung selama abad ke-18, peralihan tenaga manusia dan hewan menuju penggunaan mesin uap. Pada era ini industri yang paling berkembang adalah industri tekstil.

Era 2.0 : berlangsung pada awal abad ke-20, pada era ini sudah ditemukan tenaga listrik dan pembuatan berbagai mesin pun dimulai. Era ini juga berdampak pada berlangsungnya Perang Dunia ke-II.

Era 3.0 : berlangsung pada akhir abad ke-20, pada era ini komputer dan internet berkembang sangat pesat, mulai dari komputer raksasa hingga yang paling mini dan berdampak pada perkembangan berbagai industri.

Era 4.0 : berlangsung pada abad ke-22, pada era ini sudah terdapat penggabungan teknologi otomatisasi dan siber. Era ini disebut juga dengan era robotic atau revolusi industri 4.0.

 Jika dilihat pada review singkat diatas, dapat kita lihat bahwa pada era 3.0 telah banyak pekerjaan manusia yang TERBANTU oleh teknologi. Adapun pada era 4.0 diperkirakan akan lebih banyak pekerjaan manusia yang akan TERGANTIKAN oleh teknologi. Lalu apa persiapan kita untuk menghadapi perkembangan zaman ini? Bukan tidak mungkin ke depannya manusia akan tenggelam oleh teknologi yang diciptakan oleh manusia itu sendiri.

Bagaimana solusinya?  Salah satu solusi yang dapat meningkatkan kemandirian kita agar tidak bergantung pada lapangan pekerjaan yang akan semakin ketat persaingannya nanti adalah dengan memulai bisnis kita sendiri dari sekarang. Modal utama dalam membangun bisnis adalah KEBERANIAN. Namun, apakah cukup dengan itu saja? Tentu jawabannya adalah tidak. Diperlukan modal-modal lainnya yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah modal keahlian khusus/skill.

Beberapa skill yang dapat mendukung keberanian berbisnis yaitu:

Public speaking; kemampuan menjual produk, ide dan gagasan kita.

Product knowledge; pemahaman akan produk yang akan dipasarkan.

Financial skill; kemampuan memilah pengeluaran dan pendapatan usaha yang dijalankan.

Technology; pemanfaatan teknologi untuk menunjang pemasaran produk kita.

Jika kita masih berbisnis dengan pemikiran yang jadul, maka bersiaplah karena kita akan segera ditenggelamkan oleh perkembangan zaman. Solusinya adalah segera beradaptasi dengan segala perkembangan yang terjadi. Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam berbisnis di era 4.0 ini :

1. Perbaikan Alur Barang dan Material

Perhatikan kualitas produk, jalur distribusi pasar dan customer base.

2. Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia

Banyak pekerjaan yang tetap tidak akan bisa digantikan oleh robot sepenuhnya, maka kembangkan selalu kualitas SDM yang kita miliki.

3. Penggunaan Teknologi Digital

Bangun pondasi IT yang cerdas, manfaatkan smartphone yang dimiliki untuk pengembangan bisnis yang dijalani.

4. Perluas Jaringan Bisnis

Perbanyak mitra dan relasi yang dimiliki.


Nah, itu tadi beberapa hal penting terkait bisnis di era 4.0. Semoga bermanfaat ya, sahabat.

Bisnis di Era 4.0 Bisnis di Era 4.0 Reviewed by Wirdha Listiani on April 16, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.